Komputer
Grafik adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan
manipulasi gambar (visual) secara digital dapat diartikan sebagai seperangkat
alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat/mengolah gambar,
grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan animasi
komputer.
Perangkat
Input adalah Perangkat Masukkan untuk unit komputer yang cara kerjanya
memberikan perintah secara langsung dengan menghasilkan informasi berbentuk
digital kepada para pengguna. Ada berbagai macam perangkat keras berjenis input
yang diciptakan untuk computer.
Input
Interaktif adalah beberapa macam input interaktif melengkapi sistem grafika,
yaitu : Keyboard, untuk memasukan karakter atau string Locator, untuk mengenali
posisi atau orientasi Contoh mouse, joystick, glove, light pen. Sistem Grafika
Komputer 15 Pick, untuk menyeleksi entity suatu tampilan Choice, untuk
menyeleksi dari suatu action atau pilihan yang tersedia. Misal peralatan button
pada tablet dan mouse, peralatan choice digunakan untuk memasukan perintah atau
pilihan menu pada suatu porgram grafik. Scanner, Scanner Gambar, Fingerprint
Scanner.
Berikut
adalah Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
1. Device
input
Dalam pengertiannya adalah perangkat
yang berfungsi sebagai unit masukan/ unit input, atau bisa dibilang alat yang
menerima data masuk untuk di proses di dalam komputer.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa
macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard komputer merupakan salah
satu perangkat berjenis input yang berfungsi untuk memasukkan data berupa teks,
seperti huruf, angka, simbol, dan lain sebagainya. Keyboard menjadi perangkat
yang penting pada komputer. Tanpa keyboard bisa dipastikan komputer tidak dapat
bekerja dengan baik seperti semestinya. Dan sebagai perangkat input yang telah
mengalami beberapa kali perkembangan,
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. keyboard
komputer memiliki berbagai varian port dari port serial, PS/2, USB, hingga
wireless. Meskipun ada banyak jenis port keyboard, tetap saja keyboard
tergolong sebagai perangkat input.
Contoh
dari alat input jenis keyboard :
·
Point
Of Sale Terminal
Biasanya
digunakan di supermarket. Alat ini terdiri dari keyboard, display (monitor) dan
alat cetak (printer). Alat ini merupakan perkembangan dari cash register, namun
dapat dihubungkan dengan computer. Alat ini dapat digunakan untuk pengendalian
persediaan. Alat tambahannya antara lain : OCR tag reader serta barcode wand.
·
Visual
Display Terminal
Merupakan
alat input langsung, yang terdiri dari keyboard dan visual display (monitor).
·
Point
Of Sale Terminal
Biasanya
digunakan di supermarket. Alat ini terdiri dari keyboard, display (monitor) dan
alat cetak (printer). Alat ini merupakan perkembangan dari cash register, namun
dapat dihubungkan dengan computer. Alat ini dapat digunakan untuk pengendalian
persediaan. Alat tambahannya antara lain : OCR tag reader serta barcode wand.
·
Visual
Display Terminal
Merupakan
alat input langsung, yang terdiri dari keyboard dan visual display (monitor)
Jenis-Jenis
Keyboard :
·
QWERTY
·
DVORAK
·
KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY,
yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki
empat bagian yaitu :
Typewriter key, Numeric key, Function key, Special function
key.
Ø
Typewriter
Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini
sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya
sebagaimana berikut :
Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan
menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar
atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi
kecil.
Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi
cursor
Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari
suatu menu.
End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir
baris/halaman/lembar kerja
Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau
untuk melakukan suatu proses perintah.
Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layer
Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke
bawah
Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke
kanan.
Ø
Numeric
Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini
terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka
tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka
tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
Ø
Function
Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi
ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari
program komputer yang digunakan.
Ø
Special
Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol
akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk
menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin
ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali
secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan
menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right
click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan
wireless.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop
dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk
modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki
sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,
dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris
per detik.
e. Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam computer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi
alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket
atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya
dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk
meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun
floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah
mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya
dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan
yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang
biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan
Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik,
yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah
scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan
fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin
objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR
(Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk
koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk
pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan
pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol
serta dapat menggunakan kertas biasa.
Merupakan alat input yang bekerja dengan cara meraba secara
elektronik input yang akan dibaca. Jenis alat input model scanner :
·
Magnetik
Ink Chraracter Recognition
Bentuk pertama dari scanner adalah alat pembaca pengenal
karakter tinta magnetic ata Magnetik ink character recognition. Banyak
digunakan di dalam bank untuk menangani transaksi cek.
·
Optical
Data Reader
Optical data reader mempunyai kemampuan untuk membaca data
langsung dari kertas biasa tanpa pita magnetic khusus. Alat ini terdiri dari :
Ø
Optical
Character Recognition (OCR)
OCR dapat membaca dokumen yang ditulis tangan dengan
kecepatan 120 karakter per sekon. Beberapa OCR malah dapat mengenali karakter
walau 80 % karakter tidak jelas. OCR dapat langsung memindah tulisan tanpa
harus yang berupa font OCR langsung ke computer dan dapat lansung dihubungkan
ke aplikasi Ms. Word atau Ms. Excel.
h. Kamera
Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga
komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera
Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera
digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini
sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan
film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital
disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat
dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran
saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil
gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau
bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon
dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan
suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang
yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya
memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara
yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics
Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat
rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada
monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan
jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan
rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif
sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan
kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan
sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya
adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan
pensil.
0 komentar:
Posting Komentar