Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

PENGANTAR INTELEGENSI BUATAN

Sabtu, 22 September 2018



TUGAS
PENGANTAR INTELEGENSI BUATAN

                                          


Disusun Oleh :
Anggun Pujawati
17.14.1.0032







PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MAJALENGKA
2018/2019









DAFTAR ISI

Contents






 






BAB I
Definisi AI (Artificial Intelligence)


A.    Menurut Para Ahli


1.      Alan Turing [1950]

Seorang pionir AI dan ahli matematika inggris melakukan percobaan Turing (Turing Test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan pada jarak jauh. Diujung yang satu ada software AI dan diujung lain ada sebuah terminal dengan seorang operator. Operator itu tidak mengetahui kalau diujung lain dipasang sofware AI.

2.      Jhon McCarthy [1956]

Kecerdasan buatan yaitu memodelkan proses berfikir manusia dan mendesain mesin agar menirukan perilaku manusia.

3.      Herbert Alexander Simon [1987]

Kecerdasan buatan yaitu sebuah tempat penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas.

4.      Rich And Knight [1991]

Kecerdasan buatan yaitu sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

5.      Encyclopedia Britannica

Kecerdasan buatan yaitu cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.

6.      Rolston [1988]

Kecerdasan buatan yaitu merupakan solusi berbasis komputer terhadap masalah yang ada, yang menggunakan aplikasi yang mirip dengan proses berpikir menurut manusia.

7.      Minsky [1989]

Kecerdasan buatan yaitu suatu ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh manusia.

8.      Schalkoff [1990]

Kecerdasan buatan yaitu bidang studi yang berusaha menerangkan dan meniru perilaku cerdas dalam bentuk komputasi.

9.      Stuart J. Russell & Peter Norvig [2003]

Kecerdasan buatan yaitu perangkat komputer yang dapat memahami lingkungannya dan dapat mengambil tindakan yang memaksimalkan peluang kesuksesan dilingkungannya tersebut untuk beberapa tujuan.

10.  Andri Kristanto [2004]

Kecerdasan buatan merupakan bagian dari ilmu.




  

  






                  


BAB II
Sejarah AI (Artificial Intelligence)


A.    Sejarah AI


1.      Era Komputer Elektronik [1941]

Ditemukannya pertama kali alat penyimpanan dan pemrosesan informasi yang disebut komputer elektronik. Penemuan ini menjadi dasar pengembangan program yang mengarah ke AI.

2.      Masa Persiapan AI [1943 – 1956]

Pada tahun 1943, Warren McCulloch dan Walter Pitts berhasil membuat suatu model saraf tiruan di mana setiap neuron digambarkan sebagai ‘on’ dan ‘off’. Mereka menunjukkan bahwa setiap fungsi dapat dihitung dengan suatu jaringan sel saraf dan bahwa semua hubungan logis dapat diimplementasikan dengan struktur jaringan yang sederhana.
Pada tahun 1950, Norbert Wiener membuat penelitian mengenai prinsip-prinsip teori feedbck.
Contoh terkenal adalah thermostat
Pada tahun 1956, John McCarthy meyakinkan Minsky, Claude Shannon, dan Nathaniel Rochester untuk membantunya melakukan penelitian dalam bidang automata, jaringan saraf, dan pembelajaran intelijensia. Mereka mengerjakan proyek ini selama 2 bulan di Universitas Dartmouth. Hasilnya adalah program yang mampu berpikir non-numerik dan menyelesaikan masalah pemikiran, yang dinamakan Principia Mathematica.

3.      Awal perkembangan (1952-1969)

Pada tahun 1958, McCarthy di MIT AI Lab mendefinisikan bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu LISP, yang sekarang mendominasi pembuatan program-program AI. Kemudian, McCarthy membuat program yang dinamakan programs with common sense. Di dalam program tersebut, dibuat rancangan untuk menggunakan pengetahuan dalam mencari solusi.









Pada tahun 1959, Program komputer General Problem Solver berhasil dibuat oleh Herbert A. Simon, J.C. Shaw, dan Allen Newell. Program ini dirancang untuk memulai penyelesaian masalah secara manusiawi.
Pada tahun 1963, program yang dibuat James Slagle mampu menyelesaikan masalah integral tertutup untuk mata kuliah Kalkulus.
Pada tahun 1968, program analogi buatan Tom Evan menyelesaikan masalah analogi geometri yang ada pada tes IQ.

4.      Perkembangan AI melambat (1966-1974)

Perkembangan AI melambat disebabkan adanya beberapa kesulitan yang di hadapi seperti  Program-program AI yang bermunculan hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung sama sekali pengetahuan pada subjeknya, banyak terjadi kegagalan pada pembuatan program AI, terdapat beberapa batasan pada struktur dasar yang digunakan untuk menghasilkan perilaku intelijensia.

5.      Sistem berbasis pengetahuan (1969-1979)

Pada tahun 1960an, Ed Feigenbaum, Bruce Buchanan, dan Joshua Lederberg merintis proyek DENDRAL yaitu program untuk memecahkan masalah struktur molekul dari informasi yang didapatkan dari spectometer massa. Dari segi diagnosa medis juga sudah ada yang menemukan sistem berbasis Ilmu pengetahuan, yaitu Saul Amarel dalam proyek computer ini biomedicine. Proyek ini diawali dari keinginan untuk mendapatkan diagnosa penyakit berdasarkan pengetahuan yang ada pada mekanisme penyebab proses penyakit.

6.      AI menjadi sebuah industry (1980-1988)

Industralisasi AI diawali dengan ditemukannya sistem pakar yang dinamakan R1 yang mampu mengkonfigurasi sistem-sistem komputer baru. Program tersebut mulai dioperasikan di Digital Equipment Corporation (DEC), McDermott, pada tahun 1982. Pada tahun 1986, program ini telah berhasil menghemat US$ 40 juta per tahun.
Pada tahun 1988, kelompok AI di DEC menjalankan 40 sistem pakar. Hampir semua perusahaan besar di USA mempunyai divisi Ai sendiri yang menggunakan ataupun mempelajari sistem pakar. Booming industry Ai juga melibatkan perusahaan-perusahaan besar seperti Carnegie Group, Inference, IntelliCorp, dan Technoledge yang menawarkan software tools untuk membangun sistem pakar.
Perusahaan hardware seperti LISP Machines Inc., Texas Instruments, Symbolics, dan Xerox juga turut berperan dalam membangun workstation yang dioptimasi untuk pembangunan program LISP. Sehingga, perusahaan yang sejak tahun 1982 hanya menghasilkan beberapa juta US dollar per tahun meningkat menjadi 2 milyar US dollar per tahun pada tahun 1988.

7.      Era kembalinya jaringan syaraf dan tiruan  (1986-sekarang)


Meskipun bidang ilmu komputer menolak jaringan saraf tiruan setelah diterbitkannya buku ‘Perceptrons’ karangan Minsky dan Papert, tetapi para ilmuwan masih mempelajari bidang ilmu tersebut dari sudut pandang yang lain, yaitu fisika. Ahli fisika seperti Hopfield (1982) menggunakan teknik-teknik mekanika statistika untuk menganalisa sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada jaringan saraf. Para ahli psikolog, David Rumhelhart dan Geoff Hinton melanjutkan penelitian mengenai model jaringan saraf pada memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset menemukan algoritma Back-Propagation. Algoritma ini berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu bidang komputer dan psikologi.



 




















BAB III
Subdisiplin Ilmu Dalam AI



A.    Subdisiplin Ilmu Dalam AI Pada Aplikasi Komersial


1.      Sistem Pakar [Expert System]

Komputer diartikan sebagai sebuah sarana untuk penyimpanan sebuah pengetahuan para ahli pakar sehingga komputer memiiki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
Contoh :
·        DENDRAL : Mengidentifikasi struktur molekular campuran yang tak dikenal.
·        MYCIN : Diagnosa penyakit

2.      Pengolahan bahasa alami [Natural Language Processing]

Cabang ilmu komputer dan linguistik yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa alami manusia.
Contoh :
·         Aplikasi SiRi, Ok Google.

3.      Pengenalan ucapan [Speech Recogniton]

Manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
Contoh :
·         Microsoft Voice

4.      Robotika dan sistem sensor (Robotics & Sensory Systems)

Suatu program yg diaplikasikan pada sebuah mesin robot untuk membantu serta menggantikan kinerja manusia agar lebih cepat.
Contoh :
·         Push button
·         Robot ASIMO


5.      Computer vision

Ilmu dan teknologi mesin yang melihat, dimana “dilihat” dalam hal ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu.
Contoh :
·         Pesawat Tanpa Awak/ UAV

6.      Intelligent computer – aided instruction

Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
Contoh :
·         Educational Games

7.      Game playing

Bidang AI yang dibuat dalam permainan.
Contoh :
·         GetRich

















BAB IV
Lingkup AI (Artificial Intelligence)


A.    Lingkup AI pada aplikasi komersial


1.      Bidang komunikasi  

Komputer akan membuka aplikasi yang disebutkan pengguna dengan intonasi dan bahasa yang sesuai [Ms. Voice Command]. Ms Dictation aplikasi yang dapat menuliskan apa yang diucapkan pengguna secara otomatis.
Contoh :
·         Ms. Voice command

2.      Bidang kesehatan

Voice User Interface untuk penyandang cacat. USG untuk mengetahui kondisi janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Sistem pakar untuk mendiagnosa suatu penyakit, dan melakukan stimulasi atau treatment pada pasien.
Contoh :
·         Voice User Interface



3.      Bidang lalu lintas udara  

Komputer digunakan untuk mengatur lalu lintas udara, mengetahui keadaan cuaca, navigasi dan radar (misalnya Air Traffic Controller/ATC),
Contoh :
·         Traffic controller

4.      Bidang pertanian

Komputer digunakan untuk mengontrol mesin panen secara otomatis, penyiraman tanaman otomatis dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh pengguna, dan mesin pembasmi hama secara otomatis.
Contoh :
·         Aplikasi deteksi cuaca
·         Aplikasi deteksi kecocokan lahan
·         Aplikasi deteksi bencana alam

5.      Pabrik

Mengontrol robot yang harus melakukan pekerjaan yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia, yang memerlukan ketelitian tinggi serta pengawasan dan maintenance.

6.      Bidang Ekonomi & Bisnis

Aplikasi pemantauan naik-turunnya mata uang.
Contoh :
·         e-business
·         e-marketing
·         FOLIO

7.      Bidang Pendidikan

Program yang dapat mengetahui kalimat sederhana dalam bahasa inggris, untuk pembuktian teorema matematika, dll.
Contoh :
·         Smart learning
·         Sudoku
·         Games othello
·         Logic theorist
·         Sad sam

8.      Bidang Teknik & Rekayasa

Contoh :
·         DELTA
·         Delco electronics
·         Volkswagen AG















Referensi


1.      noteinformatic.blogspot.com/2015/11/sistem-pakar-dan-kecerdasan-buatan.html?m=1
2.      Taratri.blogspot.com/2016/12/pengolahan-bahasa-alami-natural_10.html










0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates